ANALISIS IMBANGAN AIR EMBUNG BAYAN UNTUK KEBUTUHAN AIR BAKU DAN IRIGASI DI DESA BAYAN KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

PRATAMA, WAHYU DIMAS (2018) ANALISIS IMBANGAN AIR EMBUNG BAYAN UNTUK KEBUTUHAN AIR BAKU DAN IRIGASI DI DESA BAYAN KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Di Kabupaten Lombok Utara terdapat salah satu Desa yaitu Desa Bayan, Kecamatan Bayan yang lahan pertaniannya kurang produktif sepanjang musim kemarau dengan luas areal irigasi 200 ha dan pola tanam Padi – Palawija – Bero. Pada musim kemarau pasokan air yang tersedia sangat terbatas sementara kebutuhan air pada daerah tersebut sangat tinggi, hal ini menyebabkan akan terjadi konflik dalam pembagian air satu sama lain yang saling membutuhkan untuk dipenuhi. Guna mengantisipasi terjadinya kekurangan pasokan air maka pemerintah membangun embung dengan tujuan untuk menampung air hujan yang nantinya dapat digunakan pada musim kemarau. .salah satu cara yang dapat digunakan yaitu memaksimalkan sumber daya air yang ada guna memenuhi kebutuhan air baku dan irigasi dengan menghitung ketersediaan air menggunakan metode NRECA. Simulasi dilakukan dengan mempertimbangkan keseimbangan, keadilan dan pemanfaatan secara optimal, yaitu air baku dan air irigasi terbagi secara proporsional. Hasil analisis imbangan air Embung Desa Bayan untuk ketersedian air dengan debit andalan yang tidak begitu besar dengan areal irigasi untuk dipenuhi seluas 200 ha diperoleh kebutuhan air irigasi terbesar pada awal tanam Desember II sebesar 46.965,03 m3 /ha dan kebutuhan air baku dengan jumlah penduduk Desa Bayan sekitar 11.322 jiwa adalah sebesar 413.253 m3 /tahun. Peningkatan kebutuhan air baku seiring dengan bertambahnya penduduk Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kebutuhan Air Irigasi, Kebutuhan Air Baku, Simulasi Tampungan Embung Bayan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:58
Last Modified: 25 Feb 2019 07:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item