STUDI PEMANFAATAN SUMBER DAYA AIR UNTUK DAERAH IRIGASI JERUJU DESA MUMBUL SARI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA The Study Of Water Resources Utilization For Irrigation Area Jeruju Mumbul Sari Village Sub-district Of Bayan Lombok North Regency

SUKINI, SUKINI (2018) STUDI PEMANFAATAN SUMBER DAYA AIR UNTUK DAERAH IRIGASI JERUJU DESA MUMBUL SARI KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA The Study Of Water Resources Utilization For Irrigation Area Jeruju Mumbul Sari Village Sub-district Of Bayan Lombok North Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Daerah irigasi Jeruju, merupakan daerah pesisir yang mengalami evaporasi yang tinggi yang terletak di Dusun Jeruju Desa Mumbul Sari Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Sumber Daya Air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air irigasi yaitu menggunakan air tanah (sumur pompa). Daerah irigasi Mumbul Sari memiliki luas lahan sebesar 15 Ha, permasalahan yang terjadi pada daerah irigasi ini adalah terbatasnya sumber air, topografi tanah yang tidak datar, jenis tanah yang berpasir, lapisan olah tanah yan dangkal dan relatif kurang subur, sehingga daerah irigasi ini belum mendapatkan air sesuai kebutuhannya. Irigasi tetes merupakan suatu inovasi teknologi didalam bidang pertanian dan lebih diperuntukkan pada masyarakat tani di daerah lahan kering. Sistem irigasi ini merupakan sistem penyaluran air irigasi dengan cara tetesan yang langsung dipancarkan disekitar daerah zona perakaran pada tanaman. Sehingga untuk daerah yang memiliki ketersediaan air terbatas seperti pada daerah lahan kering sangat efektif untuk menggunakan alternatif sistem irigasi ini. Prinsip dari irigasi tetes adalah pemberian air pada tanaman yang dilakukan dengan menggunakan jaringan pipa yang bertekanan rendah,yang dipasangi dengan penetes atau yang disebut emitter dan ditempatkan disepanjang baris-baris tanaman. Dari hasil Rekapitulasi Kebutuhan Air Tanam (Jagung-Jagung-Kedelai) untuk November I yaitu 202 m³/ha sedangkan untuk awal November II 229 m³/ha, Awal tanam Desember I 228 m³/ha, Awal tanam Desember II 327 m³/ha, Oktober I 4.49 m³/ha dan Awal Oktober II adalah 2.16 m³/ha. Untuk hasil Rekapitulasi (Tomat-Tomat-Cabai) untuk Januari I yaitu 1.61 m³/ha, sedangkan untuk awal Januari II 1.36 m³/ha, Awal tanam Pebruari I 1.64 m³/ha, Awal tanam Pebruari II 2.00 m³/ha, Maret I 2.38 m³/ha dan awal tanam Maret II 1.86 m³/ha. Berdasarkan hasil analisis, pola tanam yang sesuai Jagung–Jagung-Palawijah dan Tomat- Tomat-Cabai.. Sedangkan Hasil Rekapitulasi untuk Qsumur pompa yakni 5400 liter/detik dalam 30 menit untuk tiap-tiap tahap dan total debit selama 3 tahap yaitu 16.200 liter/detik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kebutuhan air tanaman, irigasi tetes.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Feb 2019 00:37
Last Modified: 26 Feb 2019 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12305

Actions (login required)

View Item View Item