PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA SMAN 2 MATARAM

PRATIWI, ELSA JUNISTISA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENEMUAN TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA SMAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELSA JUNISTISA PRATIWI E1M012015 FKIP UNRAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis penemuan terhadap keterampilan generik sains siswa materi laju reaksi kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan populasi penelitian sebanyak 87 siswa SMAN 2 Mataram yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametris menggunakan Uji Mann- Whitney. Hasil uji hipotesis uji Mann-Whitney sebesar 2,99 dengan Ztabel sebesar 0,998 pada taraf signifikan 5%, karena Zhitung lebih besar dari Ztabel, maka hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis penemuan tidak berpengaruh lebih baik terhadap keterampilan generik sains siswa materi laju reaksi kelas XI IPA SMAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran berbasis penemuan , keterampilan generik sains, laju reaksi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Feb 2019 00:37
Last Modified: 26 Feb 2019 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12306

Actions (login required)

View Item View Item