ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PROVINSI NTB ANALYSIS OF THE CHARACTERISTICS AND NEEDS OF PARKING SPACES AT THE PROVINCIAL GENERAL HOSPITAL(RSUD) NTB

FITRIANA, FITRIANA (2018) ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PROVINSI NTB ANALYSIS OF THE CHARACTERISTICS AND NEEDS OF PARKING SPACES AT THE PROVINCIAL GENERAL HOSPITAL(RSUD) NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
fitriana skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RSUD Provinsi NTB adalah salah satu rumah sakit utama dan terlengkap di NTB. Pasien dan pengunjung yang banyak di rumah sakit berdampak pada meningkatnya volume kendaraan pada waktu - waktu tertentu terutama pada jam – jam sibuk. Area parkir yang tidak mencukupi dan tidak mampu menampung kendaraan pada jam tersebut . tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan ruang parkir di rumah sakit ini. Penelitian ini memerlukan data primer berupa data kendaraan yang masuk dan yang keluar, waktu kendaraan masuk dan kendaraan keluar, luas area parkir dengan melakukan analisa karakteristik parkir meliputi akumulasi parkir, volume parkir, durasi parkir, pergantian parkir, indeks parkir, kebutuhan parkir dan kapasitas parkir. Hasil analisa menunjukkan penggunaan ruang parkir mobil sebesar 99% dan motor sebesar 98.38%. Jumlah kapasitas parkir sepeda motor yang tersedia saat ini yaitu 1604 SRP sedangkan permintaan parkir sebesar 1578 SRP, hal ini mengindikasikan penggunaan area parkir motor memenuhi kapasitasnya. Jumlah kapasitas parkir mobil yang tersedia saat ini yaitu 201 SRP dan jumlah permintaan parkir pada saat jam puncak sebesar 199 SRP sehingga kapasitas parkir mobil saat ini dapat menampung jumlah kendaraan yang parkir sekarang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): RSUD Provinsi NTB, Kapasitas Parkir, Kebutuhan Ruang Parkir.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:17
Last Modified: 27 Feb 2019 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item