ANALISIS INDEKS KEKERINGAN DENGAN METODE THEORY OF RUN DAN THORNTHWAITE MATHER DI KABUPATEN LOMBOK UTARA ( Drought Index Analysis using Theory of Run and Thornthwaite Mather Methods In North Lombok Districts )

SETIAWAN, LALU ADE (2018) ANALISIS INDEKS KEKERINGAN DENGAN METODE THEORY OF RUN DAN THORNTHWAITE MATHER DI KABUPATEN LOMBOK UTARA ( Drought Index Analysis using Theory of Run and Thornthwaite Mather Methods In North Lombok Districts ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Bencana kekeringan yang terjadi di daerah NTB sudah menjadi permasalahan yang serius. Pada tahun 2017 BMKG menyebutkan sebanyak 29 daerah di NTB mengalami kekeringan ekstrem. Kabupaten Lombok Utara, merupakan Kabupaten dengan tingkat kekeringan terparah di pulau Lombok .Tujuan dilakukannya kajian ini adalah untuk mengetahui indeks kekeringan di Kabupaten Lombok Utara dan meramalkan indeks kekeringan yang terjadi pada tahun 2018-2100 di Kabupaten Lombok Utara. Untuk mengetahui indeks kekeringan di suatu wilayah terdapat beberapa metode. Dalam studi ini menggunakan metode Theory of Run dan Thornthwaite- Matter. Kedua metode tersebut mengidentifikasi adanya potensi kekeringan dengan data lengas tanah, evapotranspirasi potensial dan curah hujan sebagai indikator utama. Dalam studi ini juga dilakukan peramalan dengan metode Statistical Downscalling. Dari hasil perhitungan kekeringan dengan metode Theory of Run menunjukkan bahwa, pada stasiun Santong didapatkan nilai indeks kekeringan sebesar -316.74 mm, Sopak sebesar -397.41 mm, dan Gunung Sari sebesar -212.49 mm. Sedangkan metode ThornthwaiteMatter pada stasiun Santong , Sopak , dan Gunung Sari didapatkan nilai indeks kekeringan sebesar 100% dengan tingkat kekeringan berat sepanjang tahun dengan lama kejadian yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kekeringan, Indeks Kekeringan, Theory of run,, Thornthwaite-Matter, Statistical Downscalling.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:17
Last Modified: 27 Feb 2019 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12319

Actions (login required)

View Item View Item