PERENCANAAN SISTEM PENGOLAHAN AIR LIMBAH KOMUNAL PADA PERUMAHAN RAKYAT BERSUBSIDI LANTANA GARDEN Planning Of Communal Wastewater Treatment Systems At Subsidized Public Housing Lantana Garden

ALVIN AXL FAHLEVVI, ALVIN AXL FAHLEVVI (2018) PERENCANAAN SISTEM PENGOLAHAN AIR LIMBAH KOMUNAL PADA PERUMAHAN RAKYAT BERSUBSIDI LANTANA GARDEN Planning Of Communal Wastewater Treatment Systems At Subsidized Public Housing Lantana Garden. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat berdampak pada peningkatan jumlah air limbah, khususnya air limbah domestik yang harus dikelola dan diolah dengan baik. Disisi lain, program sejuta rumah yang direncanakan pemerintah dengan membangun perumahan rakyat bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah kurang didukung dari segi penerapan sistem pengolahan air limbahnya. Perumahan Rakyat Bersubsidi Lantana Garden yang berada di Desa Terong Tawah, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, memiliki areal seluas dan total jumlah bangunan unit rumah. Pengolahan ini untuk mengurangi kadar pencemar yang terkandung dalam air limbah domestik. Perencanaan dilakukan dengan menganalisa jumlah penduduk dan volume air limbah total sebagai acuan dalam perencanaan sistem perpipaan dan dimensi instalasi pengolahan air limbah. Untuk instalasi pengolahan air limbah digunakan teknologi dan metode pengolahan Biofilter Anaerob Aerob dengan unit ABR (Anaerobic Baffled Reactor). Media yang digunakan dalam perencanaan ini adalah pengembangbiakan mikroba menggunakan tipe sarang tawon untuk bertujuan mengurangi kadar yang terkandung dalam air limbah. Berdasarkan analisa masterplan diperoleh sistem pengolahan air limbah dibagi menjadi daerah layanan yakni, daerah layanan P1 yang melayani unit rumah dengan volume air limbah yang dihasilkan perharinya sebesar dan daerah layanan IPAL P2 melayani unit rumah dengan volume air limbah perhari sebesar . Dalam perencanaan sistem pengolahan air limbah untuk IPAL P1 didesain dengan panjang dan IPAL , sementara lebar , tinggi didesain sama untuk kedua IPAL. Total anggaran biaya perencanaan sistem pengolahan air limbah dihitung menggunakan dasar satuan harga pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun anggaran didapatkan total biaya sebesar .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Air limbah domestik, Biofilter Anaerob Aerob, ABR (Anaerobic Baffled Reactor), .
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:17
Last Modified: 27 Feb 2019 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item View Item