PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DOMESTIK DI RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA SELAGALAS KOTA MATARAM Design of Domestic Wastewater Treatment Plant in Selagalas Simple Rental Flats Mataram City

UTAMI, YUANITA KUN ANGGRENI (2018) PERENCANAAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DOMESTIK DI RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA SELAGALAS KOTA MATARAM Design of Domestic Wastewater Treatment Plant in Selagalas Simple Rental Flats Mataram City. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan rumah tangga pada Rumah Susun Selagalas menghasilkan air limbah domestik yang terdiri dari greywater dan blackwater. Greywater pada Rumah Susun Selagalas langsung dibuang ke drainase tanpa melalui proses pengolahan sehingga badan air berpotensi tercemar. sedangkan blackwater diolah pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) eksisting. Di sisi lain, instalasi pengolahan air limbah eksisting mengalami permasalahan yaitu melubernya kompartemen air limbah pada pengolahan air limbah biofilter. Berdasarkan skema perencanaan, instalasi pengolahan air limbah di Rumah Susun Selagalas dibagi menjadi dua bagian yaitu blok timur dengan blok barat, dimana kedua blok ini memiliki alur pengolahan yang sama. Perencanaan dilakukan dengan menganalisa jumlah unit kamar terlayani dan jumlah penghuni rencana rusun apabila semua unit terisi penuh. Setelah itu menghitung debit dan volume air limbah yang akan menjadi acuan dalam perencanaan sistem penyaluran air limbah dan mendimensi instalasi pengolahan air limbah. Untuk instalasi pengolahan air limbah yang digunakan adalah grease trap, anaerobic baffle Reactor dan aerobic Biofilter dengan media sarang tawon yang bertujuan untuk menurunkan kadar BOD, COD, minyak dan lemak dan TSS. Grease trap yang direncanakan memiliki efisiensi penyisihan minyak dan lemak mencapai 95%, menghasilkan efluen 1,45 mg/L. sedangkan anaerobic baffle reactor dan aerobic biofilter memiliki efisiensi penyisihan BOD, COD, dan TSS berturut turut adalah 95,7%, 93,8% dan 99%. Dari hasil presentase penyisihan tersebut, efluen yang dihasilkan BOD, COD, dan TSS berturut-turut adalah 15,794 mg/L, 33,470 mg/L dan 3,328 mg/L. Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk membangun Instalasi Pengolahan Air limbah di Rumah Susun Selagalas senilai Rp 368.922.645,00.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ir limbah domestik, Aerobic Biofilter, Anaerobic Baffle Reactor, Grease Trap, efluen.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:17
Last Modified: 27 Feb 2019 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item