STUDI EKSPERIMENTAL PERILAKU LENTUR PAPAN KAYU LAMINASI SILANG MENGGUNAKAN PASAK BAMBU Experimental Study on Bending Behavior of Cross Laminated timber (CLT) Using Bamboo Dowel

Islam P, Muh. Nurul (2018) STUDI EKSPERIMENTAL PERILAKU LENTUR PAPAN KAYU LAMINASI SILANG MENGGUNAKAN PASAK BAMBU Experimental Study on Bending Behavior of Cross Laminated timber (CLT) Using Bamboo Dowel. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan kayu, pasokan kayu dari alam semakin berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu solusi untuk meningkatkan kegunaan kayu kelas kuat rendah adalah kayu laminasi. Salah satu jenis produk yang dikenal luas memiliki kemampuan memikul beban struktur untuk plat lantai adalah Cross Laminated Timber (CLT) yaitu papan kayu yang dilekatkan menggunakan alat penyambung dengan posisi papan berselang seling dan saling tegak lurus. Pengujian ini bertujuan melakukan pengujian kuat lentur dan pola kegagalan yang terjadi pada CLT Pengujian ini menggunakan metode dua titik pembebanan untuk mendapatkan MOR (Modulus of Rupture), MOE (Modulus of Ealsticity), dektilitas dan kemampuan CLT menerima beban pada syarat lendutan ijin L/300, metode penyambung yang diteliti seperti CLT LSL (laminasi dengan perekat lem Putih/ Polyvinyl Acetate) dan CLT LSBP (laminasi dengan perekat pasak bambu). Hasil eksperimental menunjukkan bahwa beban luar yang diijinkan untuk pelat CLT LSL dan LSBP berturut-turut sebesar 0,380 kN dan 0,370 kN. MOR rata-rata untuk CLT perekat lem putih (PvAc) dan perekat pasak bambu berturut- turut sebesar 39,22 MPa dan 55,79 MPa, pada MOE didapatkan nilai rata-rata berturut-turut sebesar 33171,6 MPa untuk struktur dengan perekat lem putih/Polyvinyl Acetate (PvAc) dan 27993,1 MPa untuk struktur dengan perekat pasak bambu, sedangkan nilai dektilitas CLT perekat lem putih (PvAc) dan CLT perekat pasak bambu berturut-turut sebesar 6,20 dan 5,14.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CLT, lendutan ijin, MOE, MOR dan Dektilitas.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:17
Last Modified: 27 Feb 2019 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12343

Actions (login required)

View Item View Item