ANALISIS PUTUSAN HAKIM TENTANG KORUPSI PROYEK URUGAN DAN PERATAAN TANAH DI BANDAR UDARA BRANG BIJI SUMBAWA BESAR (Studi Putusan No.7/Pid/2012/PN.Mtr)

Marinah, Dende Ratna Sari (2019) ANALISIS PUTUSAN HAKIM TENTANG KORUPSI PROYEK URUGAN DAN PERATAAN TANAH DI BANDAR UDARA BRANG BIJI SUMBAWA BESAR (Studi Putusan No.7/Pid/2012/PN.Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memahami serta menganalisis dasar pertimbangan hakim dalam menentukan kesalahan dan menentukan berat ringannya pidana terhadap terdakwa korupsi proyek urugan dan perataan tanah di Bandar Udara Brang Biji Sumbawa Besar (Studi Putusan No.7/Pid/2012/PN.Mtr). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dasar pertimbangan hakim dalam menentukan kesalahan terdakwa dengan membuktikan unsur-unsur pasal yang terdapat dalam dakwaan alternatif. Menurut penyusun majelis hakim sudah tepat dalam menentukan kesalahan terdakwa dengan menjerat perbuatan terdakwa dengan dakwaan subsidair karena adanya ajaran penyertaan. Pertimbangan majelis hakim dalam menentukan berat ringannya pidana terhadap terdakwa korupsi proyek urugan dan perataan tanah di Bandar Udara Brang Biji Sumbawa Besar (Studi Putusan No.7/Pid/2012/PN.Mtr) dengan memperhatikan baik pertimbangan yuridis maupun pertimbangan non-yuridis seperti pertimbangan sosiologis dan pertimbangan menurut konsep RUU KUHP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Putusan Hakim, Korupsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Fakultas Hukum Fakultas Hukum
Date Deposited: 27 Feb 2019 04:02
Last Modified: 27 Feb 2019 04:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12351

Actions (login required)

View Item View Item