PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHUNAN BERENCANA (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor : 815K/PID/2015)

Putra, Anak Agung Suwandana (2019) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHUNAN BERENCANA (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor : 815K/PID/2015). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL_ILMIAH_ANAK AGUNG NGURAH SIWANANDHA PUTRA_DIA015021_FAKULTAS HUKUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertimbangan Hakim dalam menentukan kesalahan dan penerapan pidana terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan berencana dalam putusan nomor 815K/Pid/2015. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Normatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, pertimbangan hakim dalam melepaskan Terdakwa dari segala tuntutan hukum karena pelaku mengalami gangguan jiwa sehingga tidak mampu mempertanggungjawabkan perbuatannya berdasarkan pertimbangan yuridis, dan Non Yuridis yang dilihat dari latar belakang terdakwa , kondisi diri terdakwa, agama terdakwa, akibat perbuatan terdakwa. Kedua, Penerapan pidana terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan berencana dalam putusan nomor 815K/Pid/2015 yang dimana Hakim Mahkamah Agung mengadili sendiri dan memvonis bebas Terdakwa karena Terdakwa mengalami gangguan jiwa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pertanggungjawaban pidana, Pelaku, Pembunuhan Berencana
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Fakultas Hukum Fakultas Hukum
Date Deposited: 27 Feb 2019 04:04
Last Modified: 27 Feb 2019 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12358

Actions (login required)

View Item View Item