IMPLEMENTASI ASAS KONTADIKTUR DELIMITASI DALAM PELAKSANAAN PENGUKURAN BIDANG TANAH (STUDI KASUS DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MATARAM)

Musyarrofah, Baiq Uswatun (2019) IMPLEMENTASI ASAS KONTADIKTUR DELIMITASI DALAM PELAKSANAAN PENGUKURAN BIDANG TANAH (STUDI KASUS DI KANTOR PERTANAHAN KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
File Jurnal Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan serta kendala-kendala apa saja yang ditemukan dalam pelaksanaanAsas Kontadiktur Delimitasikhususnya di Kota Mataram. Adapun metode yang digunakan adalah normatif empirik dengan menggunakan pendekatan Perundang-Undangan, Konseptual dan sosiologis. Kesimpulan dalam penyusunan skripsi ini ialah, hal-hal yang dilakukan dalam penerapanAsas Kontardiktur Delimitasi di Kantor Pertanahan Kota Mataram, diantaranya: a. Melakukan sosialisai; b. Memberi kuasa kepada orang lain bila pemilik tanah tidak dapat hadir; dan c. Apabila belum ada kesepakatan batas maka permohonan tidak dapat dilanjutkan. Kendala-kendala yang terkait pelaksanaan Asas Kontradiktur Delimitasi di Kota Mataram, antara lain: a) Kurangnya pemahaman tentang Asas Kontradiktur Delimitasi; b) Pihak berbatasan tidak diketahui tempat tinggalnya; d) Pihak berbatasan keberatan terhadap pengukuran batas-batas bidang; dan e) Tidak mengetahui batas bidang tanahnya, sehingga petugas ukur sulit menetapkan batas bidang tanah yang akan diukur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Asas Kontradiktur Delimitasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Fakultas Hukum Fakultas Hukum
Date Deposited: 27 Feb 2019 04:04
Last Modified: 27 Feb 2019 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12363

Actions (login required)

View Item View Item