EVALUASI SISTEM INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR IJOBALIT KABUPATEN LOMBOK TIMUR Evaluation of Wastewater Treatment Plant System in Ijobalit Landfill East Lombok District

IHSANI, MUHAMMAD KHAIRUL (2018) EVALUASI SISTEM INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR IJOBALIT KABUPATEN LOMBOK TIMUR Evaluation of Wastewater Treatment Plant System in Ijobalit Landfill East Lombok District. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Muhammad Khairul Ihsani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) merupakan suatu perangkat peralatan teknik beserta perlengkapannya yang memproses atau mengolah cairan sisa, sehingga cairan tersebut layak dibuang ke lingkungan. TPA Ijobalit memiliki IPAL tersendiri yang digunakan untuk mengolah limbah termasuk juga lindi yang mengalir melalui tumpukan sampah di TPA tersebut. Studi ini bermaksud untuk mengetahui kondisi IPAL dan kualitas air limbah di TPA Ijobalit. Studi ini menggunakan data primer dari Balai Laboratorium Kesehatan Pengujian dan Kalibrasi Nusa Tenggara Barat serta pengamatan langsung di IPAL TPA Ijobalit, dan data sekunder dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Lombok Timur, Balai Informasi Infrastruktur Wilayah Nusa Tenggara Barat, dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Timur. Data-data tersebut kemudian diolah sehingga menghasilkan desain IPAL yang sesuai dengan kondisi saat ini. Berdasarkan hasil evaluasi, IPAL TPA Ijobalit kurang mampu untuk mengolah air limbah dengan baik. Kualitas air limbah yang diuji di TPA Ijobalit adalah kadar BOD. Dari hasil pengujian di Balai Laboratorium Kesehatan Pengujian dan Kalibrasi Nusa Tenggara Barat didapatkan nilai BOD sebesar 852 mg/L. Nilai tersebut berada di atas Baku Mutu Efluen Instalasi Pengolahan Air Limbah untuk BOD yaitu 150 mg/L. Rencana IPAL yang sesuai dengan kondisi saat ini adalah redesain total Instalasi Pengolahan Air Limbah dengan hasil perencanaan adalah kolam ABR dengan dimensi 17 m × 17 m kedalaman 4,5 m, Aerated Lagoon 30 m × 30 m kedalaman 4,5 m, dan Pemisah Padatan dengan dimensi 5 m × 5 m kedalaman 3,5 m. Rencana anggaran biaya untuk redesain sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah di Tempat Pembuangan Akhir Ijobalit adalah sebesar Rp. 5,628,462,000.00 (lima milyar enam ratus dua puluh delapan juta empat ratus enam puluh dua ribu rupiah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Evaluasi, Air Limbah, Tempat Pembuangan Akhir.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:16
Last Modified: 27 Feb 2019 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item