SIMULASI TAMPUNGAN EMBUNG KUANG SELIMUN DI DESA PERIGI KECAMATAN SUELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR The Simulation Of Embung Kuang Selimun Storage In Perigi Village Suela Subdistrict East Lombok Regency

RAHMAWATI, LELA (2018) SIMULASI TAMPUNGAN EMBUNG KUANG SELIMUN DI DESA PERIGI KECAMATAN SUELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR The Simulation Of Embung Kuang Selimun Storage In Perigi Village Suela Subdistrict East Lombok Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Embung Kuang Selimun terletak di Dusun Aik Beta Desa Perigi Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Embung Kuang Selimun ini digunakan sebagai sarana penampung air pada musim penghujan dan digunakan untuk memenuhi keperluan irigasi dan air baku di Desa Perigi pada musim kemarau, sebagian besar daerah persawahan di desa Perigi merupakan persawahan tadah hujan dimana sumber air di lahan tersebut masih mengandalkan curah hujan sehingga menyebabkan lahan pertanian kurang produktif. Penggunaan air yang tidak optimal serta banyaknya lahan dan juga warga yang membutuhkan air, sehingga Simulasi Embung Kuang Selimun sangat diperlukan agar air tampungan Embung dapat dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan. Simulasi dilakukan untuk mendapatkan pola tanam serta intensitas tanam terbaik, sehingga pembagian debit air irigasi yang tersedia pada daerah irigasi Embung Kuang Selimun dapat dilakukan secara optimal dengan cara mencoba tiga alternatif pola tanam (penentuan luas tanam optimum) dari ketersediaan debit air yang dinalisa menggunakan metode NRECA dengan cara membagi luas lahan dengan tiga alternatif pola tanam I, II, dan III, dengan memperhitungkan luas lahan irigasi yang tersedia, luas lahan irigasi terpenuhi, dan besarnya ketersediaan air yang dipenuhi. Dari hasil simulasi Embung Kuang Selimun didapatkan jumlah penduduk dengan kebutuhan air baku yang dapat terpenuhi sebanyak 1000 orang, sedangkan untuk luas lahan irigasi maksimum yaitu pola tanam Jagung-Jagung-Tembakau pada awal musim tanam November I dengan rincian musim tanam I (Jagung) luas lahan 117 ha dengan intensitas tanam 100%, musim tanam II (Jagung) luas lahan terpenuhi 110 ha dengan intensitas tanam 94,2%, dan musim tanam III (Tembakau) dengan luas lahan terpenuhi 65,7 ha dan intensitas tanamnya 56,15% dengan kendalan embung 81,09%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ketersedian Air, Kebutuhan Air Iirgasi, Pola Tanam, Simulasi Embung.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:16
Last Modified: 27 Feb 2019 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12375

Actions (login required)

View Item View Item