ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA FIXED BASE DENGAN BASE ISOLATION TIPE HIGH DAMPING RUBBER BEARING (HDRB) DAN TIPE LEAD RUBBER BEARING (LRB) (STUDI KASUS PADA GEDUNG HOTEL SUTAN RAJA MATARAM) Comparison Analysis of Fixed Base Performance with Base Isolation Type High Damping Rubber Bearing (HDRB) and Type Lead Rubber Bearing (LRB) (Case Study in Sutan Raja Mataram Hotel)

NUGROHO, RAKADITYA (2018) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA FIXED BASE DENGAN BASE ISOLATION TIPE HIGH DAMPING RUBBER BEARING (HDRB) DAN TIPE LEAD RUBBER BEARING (LRB) (STUDI KASUS PADA GEDUNG HOTEL SUTAN RAJA MATARAM) Comparison Analysis of Fixed Base Performance with Base Isolation Type High Damping Rubber Bearing (HDRB) and Type Lead Rubber Bearing (LRB) (Case Study in Sutan Raja Mataram Hotel). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR - RAKADITYA NUGROHO (F1A014113).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan gempa bumi, sehingga diperlukan adanya upaya untuk mengurangi dampak akibat gempa bumi terhadap struktur bangunan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu menggunakan sistem base isolation. Sistem base isolation bertujuan untuk mengurangi gaya gempa pada struktur dan mengurangi simpangan antar lantai yang terjadi pada struktur. Jenis base isolation yang biasa digunakan adalah tipe elastomeric bearing. Elastomeric bearing memiliki dua tipe yaitu lead rubber bearing (LRB) dan high damping rubber bearing (HDRB). Struktur yang menjadi studi kasus adalah gedung hotel Sutan Raja Mataram yang terdiri dari 7 lantai dan 1 lantai dak atap. Studi dilakukan menggunakan analisis dua dimensi dengan pemodelan derajat kebebasan dan massa terpusat pada struktur konvensional dan struktur dengan base isolation. Base isolation yang digunakan adalah tipe lead rubber bearing (LRB) dan high damping rubber bearing (HDRB) yang sesuai dengan katalog Bridgestone. Analisis beban gempa menggunakan analisis dinamis respon spektrum. Hasil akhir dari analisis yaitu berupa periode getar, simpangan, simpangan antar lantai, gaya horizontal, dan gaya geser pada kedua struktur. Dari hasil analisis, didapatkan diameter untuk kedua tipe isolator sebesar 650 mm dengan total ketebalan rubber sebesar 198 mm. Penggunaan base isolation dapat meningkatkan periode getar struktur terhadap struktur konvensional yang memiliki periode getar struktur 1,26 detik dan 0,793 detik untuk portal memanjang dan melintang. Peningkatan periode getar struktur dengan base isolation mencapai 1.81 detik dan 1.65 detik pada portal memanjang 2.109 detik dan 1.943 detik pada portal melintang untuk tipe LRB dan HDRB. Terjadi penurunan pada simpangan antar lantai mencapai 59,49% dan 58,23% pada portal memanjang 63,80% dan 62,48% pada portal melintang untuk tipe LRB dan HDRB. Untuk gaya horizontal dan gaya geser, terjadi penurunan yang sama yaitu sebesar 70,23% dan 69,03% pada portal memanjang 75,37% dan 74,37% pada portal melintang untuk tipe LRB dan HDRB. Untuk menghubungkan antara isolator dengan pondasi, digunakan kolom pedestal dengan dimensi 1100 mm x 1100 mm dengan jumlah tulangan 36D25.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Base isolation, lead rubber bearing, high damping rubber bearing, periode getar, simpangan antar lantai, gaya horizontal, gaya geser
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:16
Last Modified: 27 Feb 2019 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12378

Actions (login required)

View Item View Item