EVALUASI PANJANG DAN ARAH LANDAS PACU DI BANDAR UDARA SULTAN MUHAMMAD KAHARUDDIN SUMBAWA BESAR The Evaluation Of Length And Runway Orientation At Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa Besar Airport

DAMAYANTI, LINA (2018) EVALUASI PANJANG DAN ARAH LANDAS PACU DI BANDAR UDARA SULTAN MUHAMMAD KAHARUDDIN SUMBAWA BESAR The Evaluation Of Length And Runway Orientation At Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa Besar Airport. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LINA DAMAYANTI F1A012086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa Besar konfigurasi landing dan take off dilakukan searah arah angin, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya overshoot landing karena pesawat menjadi mudah tergelincir dan kurangnya kebutuhan gaya angkat pesawat saat akan take off sehingga landas pacu yang dibutuhkan lebih panjang, karena itu pemerintah Kabupaten Sumbawa merencanakan perpanjangan landas pacu dari 1.650 m menjadi 1.800 m, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap panjang eksisting landas pacu dan arah landas pacu untuk mengetahui perlu tidaknya perpanjangan landas pacu dan kemungkinan adanya arah landas pacu terbaik untuk operasi take off dan landing. Data karakteristik eksisting landas pacu digunakan untuk menentukan panjang landas pacu berdasarkan keadaan lingkungan lapangan terbang, perhitungan dilakukan dengan metode ARFL yaitu mengoreksi panjang dasar landas pacu keluaran ATR terhadap suhu, ketinggian, kemiringan landasan dan angin permukaan, perhitungan panjang landas pacu berdasarkan kemampuan pesawat dianalisa menggunakan aturan ICAO berdasarkan 4 keadaan yaitu keadaan saat takeoff dan landing normal, kegagalan mesin dan takeoff yang gagal (ditunda), untuk evaluasi arah landas pacu digunakan data arah dan kecepatan angin 2013-2017 dan dianalisa menggunakan software statgraph18. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan panjang landas pacu 1.650 m saat ini masih memadai dan belum membutuhkan penambahan panjang. Berdasarkan pergerakan angin dominan dan crosswind, arah landas pacu eksisting 14/32 tenggara-barat laut merupakan arah landas pacu terbaik. Adanya angin dominan searah pesawat masih tergolong aman bagi operasi takeoff dan landing.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): evaluasi landas pacu, panjang landas pacu, arah landas pacu, angin landas pacu.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 01:52
Last Modified: 27 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12382

Actions (login required)

View Item View Item