PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING PADA SISWA KELAS V SDN TANGGAK TAHUN AJARAN 2017/2018

MANDELIKE, LALE PUJI (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING PADA SISWA KELAS V SDN TANGGAK TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALE PUJI MANDELIKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan olehkentalnya budaya dan terbiasa menggunakan bahasa daerahpada saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Kurang adanya kesempatan, latihan dan komunikasi merupakan penyebab siswa sulit menyampaikan gagasan, sanggahan dan pendapat menggunakan Bahasa Indonesia.Proses pembelajaran Bahasa Indonesia lebih banyak terfokus pada penyampaian materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keteramapilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode Paired Story Telling kelas V SDN Tanggak Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik lembar observasi. Data yang yang diperoleh dari hasil observasi adalah hasil aktivitas guru, siswa dan keterampilan berbicara siswa. Hasil peningkatan setiap aspek penilaian siswa pada evaluasi pembelajaran (keterampilan berbicara) dengan menggunakan metode paired story telling diantaranya kelancaran pada siklus I mendapatkan nilai rata- rata sebesar 6,80 meningkat menjadi 6, 96 pada siklus II dengan selisih sebesar 0,16. Pada indikator pelafalan pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 6 meningkat menjadi 6,24 pada siklus II dengan selisih sebesar 0,24, intonasi pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,96 meningkat menjadi 5,28 pada siklus II dengan selisih sebesar 0,32. Pada indikator pemanfaatan gerak tubuh pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 5,52 tidak terjadi peningkatan pada siklus II, tetapi tetap mendapatkan nilai rata-rata sebesar 5,52. Indikaor keberanian pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,56 meningkat menjadi 5,2 pada siklus II dengan selisih sebesar 0,32. Kesimpulan penerapan metode Paired Story Telling mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa SDN Tanggak Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Berbicara, Paired Story Telling
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 01:52
Last Modified: 27 Feb 2019 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12384

Actions (login required)

View Item View Item