ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT AKTIFITAS PASAR (Studi kasus: Pasar Keru-Narmada Lombok Barat) ROAD PERFORMANCE ANALYSIS DUE TO TRADITIONAL MARKET ACTIVITIES (Case study: Keru Traditional Market at Narmada - West Lombok regency)

AZIZAH, BAIQ AULIA (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT AKTIFITAS PASAR (Studi kasus: Pasar Keru-Narmada Lombok Barat) ROAD PERFORMANCE ANALYSIS DUE TO TRADITIONAL MARKET ACTIVITIES (Case study: Keru Traditional Market at Narmada - West Lombok regency). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Jalan raya Mataram-Sikur merupakan salah satu segmen jalan arteri yang melewati Desa Keru, Kecamatan Narmada Kabpaten Lombok Barat dan merupakan jalur utama yang menghubungkan kabupaten lombok timur dan Lombok Tengah dengan Kota Mataram. Jalan ini termasuk dalam kategori jalan arteri, untuk kondisi jalan perkotaan di desain dengan kecepatan 60 km/jam. Selain itu pada jalan arteri lalu lintas tidak boleh terganggu oleh kegiatan lokal. Namun pada kenyataannya ada beberapa kegiatan lokal yang terjadi, salah satu kegiatan yang paling berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan tersebut adalah pasar tradisional. Data primer yang diperlukan antara lain: Volume lalu lintas, Kecepatan, dan Hambatan Samping, sedangkan data sekunder yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah jumlah penduduk kabupaten Lombok Barat dari badan pusat statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kemudian analisis yang dilakukan adalah analisis kinerja jalan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia, 1997. Kinerja ruas Jalan Raya Mataram-Sikur tertinggi pada saat kondisi eksisting terjadi pada hari kamis dengan volume lalu lintas sebesar 1615,7 smp/jam pukul 10.00-11.00 Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 39,71 km/jam, Hambatan Samping 408,6 kejadian,termasuk dalam kelas hambatan samping kategori sedang. Pada kondisi ini nilai derajat kejenuhan (DS) jalan raya Mataram-Sikur adalah = 0.62 . Nilai ini menunjukkan kinerja layanan jalan (LOS) yang cukup baik dan termasuk dalam kategori tingkat pelayanan C (kondisi arus lalu lintas stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi di batasi dalam memilih kecepatan).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): MKJI 1997, volume lalu lintas, hambatan samping, kecepatan kendaraan, jalan Raya Mataram-Sikur.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:14
Last Modified: 27 Feb 2019 05:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item