SIMULASI PENGELOLAAN AIR WADUK BATUJAI UNTUK IRIGASI DAN AIR BAKU DI KECAMATAN PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH The Simulation Of Water Management Batujai Reservoir For The Irrigation And Raw Water In West Praya District Central Lombok Regency

HAQIQI, MUHAMMAD ILHAM (2018) SIMULASI PENGELOLAAN AIR WADUK BATUJAI UNTUK IRIGASI DAN AIR BAKU DI KECAMATAN PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH The Simulation Of Water Management Batujai Reservoir For The Irrigation And Raw Water In West Praya District Central Lombok Regency. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Waduk Batujai terletak di Desa Batujai, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Layanan air waduk Batujai dipergunakan untuk keperluan irigasi dan air baku di desa Batujai. Semenjak waduk Batujai beroperasi sampai saat ini adanya peningkatan endapan sedimentasi yang mengakibatkan kapasitas tampungan efektif bendungan mengalami penyusutan setiap tahunnya. Sehingga perlu dilakukan simulasi pengelolaan air waduk Batujai agar pengelolaan air tampungan waduk dapat dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan. Dalam studi ini, data debit diperoleh dari kantor SATKER O&P Kota Mataram. Kemudian debit tersebut, digunakan sebagai input dalam analisis simulasi tampungan bendungan untuk mendapatkan intensitas tanam dari pola tanam Padi-Jagung-Jagung, dan Padi-Padi-Jagung serta menghitung keuntungan produksi. Simulasi ini dilakukan dengan memperhitungkan luas lahan irigasi yang tersedia, luas lahan irigasi yang terpenuhi, besarnya ketersediaan air, dan kebutuhan air irigasi yang dipenuhi. Hasil analisis menunjukkan bahwa potensi ketersediaan air Bendungan Batujai adalah sebesar Q80 = 45.023.939,30 m3 /tahun, Q50 = 130.800.823,73 m3 /tahun dan bendungan mampu melayani kebutuhan air irigasi dengan intensitas tanam terbesar dari pola tanam Padi-Padi-Jagung adalah sebesar 212,15% dengan intensitas tanam pada MT I 100%, MT II 50,75%, dan MT III 48,54% pada awal tanam November I. Sedangkan untuk pola tanam Padi-Jagung-Jagung adalah sebesar 300% pada awal tanam November I dan Desember I intensitas tanam pada MT I 100%, MT II 100%, dan MT III 100%. Keuntungan maksimum yang diperoleh selama satu tahun adalah Rp.186.866.082.250 untuk pola tanam Padi- Jagung-Jagung awal tanam November I.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ketersedian Air, Kebutuhan Air Irigasi, Pola Tanam, Simulasi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:14
Last Modified: 27 Feb 2019 05:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12397

Actions (login required)

View Item View Item