PENERAPAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA MAGANG DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN ( Studi di UD.Bengkel Abadi Motor, Mataram Lombok NTB)

Gazali, Rinardi Akbar (2019) PENERAPAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA MAGANG DI TINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN ( Studi di UD.Bengkel Abadi Motor, Mataram Lombok NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perjanjian magang dan bentuk perlindungan hukum pekerja magang jika perjanjian dilanggar. Metode adalah normatif-empiris. Hasil penelitian: Pertama, perjanjian yang dilakukan oleh pekerja magang berbenuk lisan, dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan dan Peraturan Mentri menjelaskan perjanjian magang dibuat dengan tertulis, memuat sekurang-kurangnya hak dan kewajiban para pihak. Kedua, perlindungan hukum ada: perlindungan norma kerja, perlindungan keselamatan/kesehatan kerja, dan perlindungan kesejaheraan pekerja. Jika dilanggar mendapatkan sanksi berupa: sanksi administratif, sanksi perdata adn sanksi pidana. Kesimpulan pelaksanaan perjanjian magang belum sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Saran diperlukan ketelitian dan kehati-hatian peserta magang dan pengawasan langsung oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan Perlindungan Hukum, Pekerja Magang.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Fakultas Hukum Fakultas Hukum
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:14
Last Modified: 27 Feb 2019 05:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12407

Actions (login required)

View Item View Item