PENGARUH VARIASI SUHU PEMANASAN TERHADAP KUAT TEKAN DAN GESER BETON DENGAN SERBUK KACA SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS Effect of Temperature Variation to The Compressive Strength and Shear Strength of Concrete with Crushed Glass as Partial Replacement of Fine Aggregate

ZULFIDA, RIZCHA (2019) PENGARUH VARIASI SUHU PEMANASAN TERHADAP KUAT TEKAN DAN GESER BETON DENGAN SERBUK KACA SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS Effect of Temperature Variation to The Compressive Strength and Shear Strength of Concrete with Crushed Glass as Partial Replacement of Fine Aggregate. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Rizcha - skripsi to CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Limbah kaca memiliki daya tahan abrasi yang tinggi dan memiliki titik leleh sebesar 1400˚C, hal itu menjadi faktor pemilihan kaca sebagai salah satu bahan tambah dalam pembuatan campuran beton. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa dengan menambahkan limbah kaca kedalam campuran beton akan meningkatkan kuat tekan beton. Sedangkan penelitian pengaruh variasi suhu pemanasan terhadap sifat mekanik beton serbuk kaca belum banyak digunakan. Terjadinya perubahan suhu ekstrim seperti kebakaran pada bangunan tentu akan membawa dampak pada kekuatan struktur beton, terjadi kerusakan atau keruntuhan, dan perubahan warna pada beton. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penambahan serbuk kaca terhadap kuat tekan dan kuat geser beton normal akibat pengaruh variasi suhu pemanasan. Penelitian ini menggunakan serbuk kaca sebesar 10% sebagai pengganti agregat halus dengan umur 28 hari. Proses pemanasan dilakukan dengan menggunakan tungku berbahan bakar gas yang dilengkapi termokopel sebagai pengukur suhu. Variasi suhu pemanasan yang digunakan yaitu 200˚C, 500˚C dan 800˚C dengan waktu penahan suhu selama 2 jam. Pengujian pada penelitian ini adalah uji kuat tekan menggunakan benda uji kubus ukuran 150 x 150 x 150 mm dan uji geser menggunakan benda uji double L berukuran 300 x 200 x 75 mm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penambahan limbah kaca dapat meningkatkan kuat tekan dan kuat geser pada beton yang diberikan suhu pemanasan. Pada pengujian kuat tekan dan kuat geser, nilai maksimum yang diperoleh pada beton serbuk kaca tanpa pemanasan. Nillai untuk kuat tekan yaitu sebesar 33,04 MPa dan kuat geser sebesar 12,35 MPa. Namun pada beton normal pada suhu 200˚C mengalami kenaikan kuat tekan menjadi 102,45% dari kuat tekan beton normal tanpa pemanasan. Dari penelitian ini, menghasilkan hubungan antara suhu dan kuat tekan terhadap kuat geser dengan persamaan fs = 11,685 - 0,049 f’c - 0,003 T untuk beton normal dan fs = 9,563 + 0,093 f’c - 0,002 T untuk beton serbuk kaca dengan menggunakan Analisis Statistik Regresi Linear Berganda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Beton normal, beton serbuk kaca, suhu pemanasan, kuat tekan, kuat geser.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:35
Last Modified: 28 Feb 2019 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12415

Actions (login required)

View Item View Item