ANALISIS INTENSITAS DURASI FREKUENSI (IDF) HUJAN DAS SIDUTAN ANALYSIS OF INTENSITY DURATION FREQUENCY (IDF) OF SIDUTAN WATERSHED

HIDAYAT, SRI (2018) ANALISIS INTENSITAS DURASI FREKUENSI (IDF) HUJAN DAS SIDUTAN ANALYSIS OF INTENSITY DURATION FREQUENCY (IDF) OF SIDUTAN WATERSHED. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bencana banjir selain disebabkan akibat kerusakan ekosistem ataupun aspek lingkungan yang tidak terjaga akan tetapi juga disebabkan karena bencana alam itu sendiri seperti curah hujan yang tinggi. Penentuan besaran banjir yang terjadi dapat dilakukan melalui analisis data debit atau data hujan yang tersedia. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghitung debit banjir dalam perencanaan bangunan pengendali banjir seperti saluran drainase maupun tanggul adalah metode rasional. Akan tetapi metode rasional baru dapat digunakan jika tersedia data intensitas hujan dalam durasi dan periode ulang tertentu yang dinyatakan dalam kurva Intensity-Duration-Frequency (IDF). Penelitian dilakukan di DAS Sidutan Kabupaten Lombok Utara , Kecamatan Kayangan dengan menggunakan satu stasiun hujan yaitu stasiun hujan Santong. Untuk menganalisis data yang digunakan adalah data hujan jam – jaman dengan lama pencatatan hujan 6 tahun yaitu dari tahun 2011 sampai tahun 2016. Kedalaman hujan jam- jaman dihitung dengan analisis frekuensi, cara perhitungan intensitas curah hujan jangka pendek digunakan rumus Talbot, Sherman, dan Ishiguro, sedangkan untuk menghitung intensitas curah hujan setiap waktu berdasarkan data curah hujan harian digunakan rumus mononobe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurva intensitas durasi frekuensi (IDF) DAS Sidutan dibentuk menggunakan metode Talbot, Sherman, Ishiguro yang dapat dilihat dari standar deviasi terkecil pada nilai intensitas hujan yang terukur dengan persamaan metode Ishiguro dengan persamaan √ pada kala ulang 2 tahun, menggunakan metode Sherman dengan persamaan pada kala ulang 5 tahun, menggunakan metode Talbot dengan persamaan I10=9.9/t+0.094 pada kala ulang 10 tahun, menggunakan metode Ishiguro dengan persamaan √ pada kala ulang 25 tahun, menggunakan metode Talbot dengan persamaan pada kala ulang 50 tahun, dan menggunakan metode Sherman dengan persamaan pada kala ulang 100 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): IDF , Metode Talbot, Metode Sherman , Metode Ishiguro ,Standar deviasi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:34
Last Modified: 28 Feb 2019 04:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item