PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT TIPE PERCONTOHAN (EXAMPLE OF THE EXAMPLORITORY) TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MTS DARUSSHIDDIQIEN NW MERTAK PAOK

Usman, Zulkifli (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT TIPE PERCONTOHAN (EXAMPLE OF THE EXAMPLORITORY) TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MTS DARUSSHIDDIQIEN NW MERTAK PAOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZULKIFLI USMAN (E1B114065).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran VCT tipe percontohan (Example Of The Examploritory) terhadap sikap nasionalisme siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Data hasil penelitian diambil menggunakan instrumen angket yang sudah memenuhi persyaratan. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif melalui uji parametrik yang terlebih dahulu diuji persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan nilai = 4,063, sedangkan = 2,101 dengan dk = n-2 = 20-2=18 pada taraf signifikan 5% sehingga nilai > yaitu 4,063 > 2,101 yang berarti ada pengaruh penerapan model pembelajaran VCT tipe percontohan (Example Of The Examploritory) terhadap sikap nasionalisme siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn. Dengan melihat nilai rata-rata yang cukup tinggi, maka model pembelajaran ini sangat efektif dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): VCT Tipe Percontohan (Example Of The Examploritory), Sikap Nasionalisme.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:26
Last Modified: 28 Feb 2019 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12468

Actions (login required)

View Item View Item