PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI

TAUFIK, MUHAMMAD WAHYU (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD WAHYU TAUFIK (E1Q013031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan metode eksperimen terhadap kreativitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembar tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk quasi eksperimen dengan desain “non-equivalent control group design”. Populasinya seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembar, dengan sampelnya kelas XI MIA 1 sebagai kelas ekperimen dengan 26 siswa dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan 24 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Data kreativitas diambil menggunakan tes kreativitas verbal dan figural , data prestasi belajar diambil menggunakan tes pilihan ganda. Hasil uji -t polled varians (dengan taraf signifikan 5%) pada data kreativitas diperoleh prestasi belajar dan . , sehingga disimpulkan model PBM dengan metode eksperimen berpengaruh positif terhadap kreativitas dan prestasi belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran berbasis masalah, metode eksperimen, kreativitas dan prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:02
Last Modified: 01 Mar 2019 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12498

Actions (login required)

View Item View Item