STUDI PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI ORGANIK DAN PADI NON ORGANIK DI DESA AIK DEWA KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Hadi, Mursyidin (2019) STUDI PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI ORGANIK DAN PADI NON ORGANIK DI DESA AIK DEWA KECAMATAN PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MURSYIDIN HADI_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia memberikan komitmen tinggi terhadap pembangunan ketahanan pangan sebagai komponen strategis dalam pembangunan nasional. Untuk membangun ketahanan pangan maka disusunlah strategi induk pembangunan pertanian (SIPP) 2015-2045 sebagai bagian dari pelaksanaan amanat konstitusi. Dalam strategi induk pembangunan pertanian (SIPP) 2015-2045 Republik Indonesia telah disusun tujuh pilar dan strategi utama dalam mewujudkan visi pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Salah satunya adalah dengan usahatani ramah lingkungan (pertanian organik). Tahun 2016 Indonesia mengembangkan padi organik dalam sekala besar yang tersebar di 25 Provinsi di Indonesia dengan total luas lahan 4.000 hektar. Diantara 25 Provinsi tersebut, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi terpilih untuk pengembangan desa pertanian organik yang terletak di Desa Aik Dewa Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Desa Aik Dewa mempunyai keadaan iklim yang cocok untuk usahatani padi dan kebanyakan penduduknya adalah bekerja di sektor partanian. Hal tersebut membuat petani berharap dengan beralih dari sistem pertanian konvensional menuju pertanian organik mampu meningkatkan pendapatan petani. Hal inilah yang menyebabkan peneliti ingin mengetahui apakah pendapatan usahatani padi organik di Desa Aik Dewa Kecamatan Pringgasela lebih besar dari pada pendapatan usahatani padi non organik, sehingga yang menjadi pertanyaan sekarang apakah pendapatan usahatani padi organik di Desa Aik Dewa Kecamatan Pringgasela berbeda dengan pendapatan usahatani padi non organik. (Kementerian Pertanaian, 2015).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Studi perbandingan, Pendapatan, Padi organik, Padi non organik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:02
Last Modified: 01 Mar 2019 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item View Item