ANALISIS KELAYAKAN USAHA TAMBAK UDANG AIR PAYAU (Kasus PT. Bumi Harapan Jaya di Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat)

AHMIATI, YEYEN (2019) ANALISIS KELAYAKAN USAHA TAMBAK UDANG AIR PAYAU (Kasus PT. Bumi Harapan Jaya di Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Industri udang dunia diwarnai oleh pergeseran sistem produksi dari usaha penangkapan ke usaha budidaya khususnya di tambak. Spesies udang yang dibudidayakan juga mengalami pergeseran yaitu dari dominasi udang windu (panaeus monodon) ke arah udang putih khususnya udang vannamei. Hal ini disebabkan karena udang vannamei bebas atau tahan penyakit. Pembudidayaan udang vannamei di NTB tersebar dikawasan timur dan selatan pulau Lombok, karena daerah ini memiliki potensi dan para petambaknya sudah memiliki pengalaman yang cukup lama, sehingga hasil produksinya memiliki kualitas dan kuantitas yang memadai. Potensi ini juga dimiliki oleh kawasan bagian barat pulau Sumbawa. Kabupaten Sumbawa Barat sebagai salah satu daerah di Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi kawasan cukup luas untuk lokasi pengembangan budidaya tambak rakyat untuk budidaya tambak udang dan bandeng. Sebagian besar pemanfaatan sampai saat ini masih menerapkan teknologi tradisional sehingga output yang dihasilkan masih sangat rendah, disamping itu dukungan sarana dan prasarana seperti saluran primer dan sekunder, kontruksi tambak dan teknologi budidaya terbatas. Terutama di Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Berdasarkan potensi tersebut maka PT Bumi Harapan Jaya berkeinginan menanamkan modalnya dalam bentuk investasi usaha budidaya udang vanname di desa Tambak Sari Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kelayakan Usaha, tambak air payau, udang Vannamei
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:02
Last Modified: 01 Mar 2019 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

View Item View Item