PENGARUH EKSTRAK NABATI DENGAN JENIS PELARUT YANG BERBEDATERHADAP PENYAKIT BUSUK BATANG OLEH Sclerotium rolfsii Sacc. PADA TANAMAN KACANG TANAH

Fajri, Khamsiah (2019) PENGARUH EKSTRAK NABATI DENGAN JENIS PELARUT YANG BERBEDATERHADAP PENYAKIT BUSUK BATANG OLEH Sclerotium rolfsii Sacc. PADA TANAMAN KACANG TANAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KHAMSIAH FAJRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hambatan beberapa ekstrak nabati dengan pelarut aseton dan kloroform terhadap penyakit busuk batang oleh S. rolfsii pada tanaman kacang tanah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai September 2018 di Laboratorium Mikrobiologi dan Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode eksperimental dengan dua tahap pengujian yaitu uji in vitro dan uji in vivo. Pecobaan in vitro menggunakan Rancangan Acak Lengkap faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah jenis ekstrak yang terdiri dari 4 aras yaitu Sirih Hijau (SH), Sirih Merah (SM), Babandotan (BB) dan Patikan Kebo (PK). Faktor kedua adalah jenis pelarut terdiri dari dua aras yaitu Aseton (A) dan Kloroform (K). Uji in vivo menggunakan Rancangan Acak Lengkap terdiri dari empat perlakuan yaitu Kontrol (K0), ekstrak sirih hijau dengan pelarut aseton (ASH), ekstrak sirih hijau dengan pelarut kloroform (KSH) dan ekstrak babandotan dengan pelarut aseton (ABB). Hasil uji in vitro menunjukkan bahwa perlakuan ekstrak sirih hijau dengan pelarut aseton dan kloroform dan ekstrak babandotan dengan pelarut aseton mampu menekan pertumbuhan jamur S. rolfsii paling tinggi masing-masing sebesar 100%. Hasil uji in vivo menunjukkan bahwa aplikasi ekstrak nabati pada benih menunjukkan hanya ekstrak sirih hijau dengan pelarut aseton yang mampu menekan insiden penyakit busuk batang pada tanaman kacang tanah sebesar 42,86%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kacang Tanah, Sclerotium rolfsii, Ekstrak Nabati, Aseton dan Kloroform
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:02
Last Modified: 01 Mar 2019 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item View Item