PENGARUH DOSIS BIOKOMPOS DAN ZPT BENZYL AMINO PURIN ( BAP ) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium Ascalonicum L.)

Masita, Masita (2019) PENGARUH DOSIS BIOKOMPOS DAN ZPT BENZYL AMINO PURIN ( BAP ) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium Ascalonicum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MASITA (C1M011103).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran unggulan yang sejak lama telah diusahakan oleh petani, rendahnya produktifitas bawang merah dikarenakan teknik budidaya bawang merah yang kurang optimal. Upaya peningkatan produktifitas bawang merah salah satunya dengan penambahan ZPT BAP (Benzyl Amino Purrin) dan dosis biokompos. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh ZPT BAP (Benzyl Amino Purrin) dan dosis biokompos yang sesuai terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah. Penelitian dilakukkan di Desa Senteluk , Kelurahan Batu Layar Kabupaten Lombok barat pada bulan Oktober - Desember 2018 menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan percobaan faktorial terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama yaitu ZPT BAP (Benzyl Amino Purrin) Z1 (0 ppm) Z2 (50 ppm) dan faktor kedua yaitu dosis biokompos dengan 5 taraf B0 (0 ton/ha), B1 (5 ton/ha), B2 (10 ton/ha), B3 (15 ton/ha), B4 (20 ton/ha). Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, panjang akar, bobot tanaman segar, bobot tanaman kering. Hasil penelitian menunjukan dosis biokompos berpengaruh pada variabel tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, panjang akar, bobot tanaman basah, bobot tanaman kering. Pemberian ZPT BAP (Benzyl Amino Purrin) tidak berpengaruh nyata pada semua variabel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bawang merah, dosis biokompos, ZPT, Trichoderma spp.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:23
Last Modified: 05 Mar 2019 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12531

Actions (login required)

View Item View Item