PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

WIRDIATI, KAMILA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI MILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berbantuan media Puzzle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn di MTs Al-Aziziyah Putri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimen dengan Static Group Comparison. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang sebagai kelas eksperimen dan 24 orang sebagai kelas statis. Instrument pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda 20 soal yang memenuhi validitas realibilitas. Berdasarkan hasilpenelitian yang diperoleh rata-rata hasil post test sebesar 71.25 pada kelas eksperimen dan 64.79 pada kelas statis. Hasil ini menunjukan nila it hitung (2.058) > t table (1.679). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berbantuan media Puzzle di MTs Al-Aziziyah Putri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Example Non Example, media Puzzle, Hasil belajar kognitif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jan 2018 06:16
Last Modified: 18 Jan 2018 06:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item