PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS 1 KECAMATAN SIKUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MAHYUNI, YULIANA SRI (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS 1 KECAMATAN SIKUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar khususnya mata pelajaran Matematika pada siswa kelas V SDN di gugus I Kecamatan Sikur. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang bersekolah di 7 SD di Gugus I Kecamatan Sikur yang berjumlah 165 siswa. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 117 siswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner (angket) sebagai alat pengumpul data variabel gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik, sedangkan variabel prestasi belajar menggunakan tes berupa soal latihan mata pelajaran Matematika. Data dalam penelitian ini diuji normalitasnya menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test. dapat diketahui bahwa nilai signifikansi data gaya belajar audio sebesar 0,027. Karena p= 0,027 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa residual data untuk variabel gaya belajar audio berdistribusi tidak normal. Untuk data gaya belajar visual nilai signifikansinya sebesar 0,151 yang berarti p= 0,151 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa residual data untuk variabel gaya belajar visual berdistribusi normal. Dan yang terakhir nilai signifikansi data gaya belajar kinestetik adalah 0,056 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa residual data untuk variabel gaya belajar visual berdistribusi normal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis non parametrik yaitu uji Kruskal Wallis Test dengan hasil uji yang diperoleh diperoleh nilai Signifikansinya sebesar 0,498 atau lebih besar dari 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% yang berbunyi jika < = Signifikan dan apabila nilai Sig > = Tidak Signifikan. Karena nilai 0,498 > 0,05 maka tidak signifikan. Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi Belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Sikur Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): gaya belajar dan prestasi belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:18
Last Modified: 12 Mar 2019 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item