PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS II KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM

ARLYANA, RINDA (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS II KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Cakranegara Kota Mataram. Jenis penelitian ini Ex-post Facto dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa SDN di Gugus II Kecamatan Cakranegara 2018/2019 yang berjumlah 527 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling pada siswa kelas IV-VI SDN di Gugus II Kecamatan Cakranegara. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SDN Gugus II Kecamatan Cakranegara dari 100 responden lebih dominan memiliki gaya belajar visual sebanyak 53 siswa dengan nilai persentase sebesar 53%. Gaya belajar auditorial sebanyak 31 siswa dengan nilai persentase sebesar 31%. Dan gaya belajar kinestetik sebanyak 16 siswa dengan nilai persentase sebesar 16%. Sedangkan prestasi belajar siswa visual dengan nilai rata-rata sebesar 88,86, prestasi belajar siswa auditorial dengan nilai rata-rata 80,45, dan prestasi belajar kinestetik dengan nilai rata-rata 77,31. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik dengan Kruskal-Wallis Test. Data diolah dengan SPSS 16.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig 0,000< 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ni menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Cakranegara Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gaya Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:18
Last Modified: 12 Mar 2019 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item