PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITUR DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN (STUDI DI PT FEDERAL INTERNASIONAL FINANCE (FIF) CABANG SELONG.

YUDIASTUTI, DEWI (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITUR DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN (STUDI DI PT FEDERAL INTERNASIONAL FINANCE (FIF) CABANG SELONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Dalam penelitian yang dilakukan di PT. Federal International Finance (FIF) Cabang Selong yang merupakan salah satu Perusahaan Pembiayaan Konsumen yang menyediakan dana untuk masyarakat, PT. FIF Cabang Selong menerapkan beberapa syarat serta melakukan analisis kepada calon konsumen untuk mendapatkan suatu pembiayaan. Mengenai perlindungan terhadap kreditur tentang adanya wanprestasi yang dilakukan oleh debitur, PT. FIF Cabang Selong menggunakan beberapa pedoman yaitu isi dari perjanjian pembiayaan, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (BW), Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta mengasuransikan obyek perjanjian dan melakukan pembebanan jaminan fidusia terhadap obyek perjanjian pembiayaan. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode Normatif-Empiris dengan Pendekatan Perundang- Undangan, Pendekatan Konseptual serta Pendeketan Sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian adapun cara-cara perusahaan pembiayaan melakukan analisa dengan cara menggunakan Formula the Five Credit Analisys (5 C’s) serta dengan cara mengelompokkan calon konsumen dengan beberapa kategori penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Perjanjian Pembiayaan Konsumen, Kreditur.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:18
Last Modified: 12 Mar 2019 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12622

Actions (login required)

View Item View Item