PERENCANAAN SALURAN DRAINASE DI KAWASAN VILLA MANGSIT SENGGIGI LOMBOK BARAT DRAINAGE DESIGNING IN VILLA MANGSIT AREA SENGGIGI WEST LOMBOK DISTRICT

Permana, Wanji Darma (2019) PERENCANAAN SALURAN DRAINASE DI KAWASAN VILLA MANGSIT SENGGIGI LOMBOK BARAT DRAINAGE DESIGNING IN VILLA MANGSIT AREA SENGGIGI WEST LOMBOK DISTRICT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
wanji darma permana (F1A 011 149)-skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Villa Mangsit berlokasi di Desa Senggigi Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Lokasi Villa Mangsit awalnya merupakan lahan kosong yang mampu mengalirkan serta meresapkan air, dengan adanya pembangunan villa ini mengakibatkan terjadinya penurunan fungsi daerah resapan dan menyebabkan terjadinya limpasan permukaan. Prinsip dasar dari sistem drainase adalah mengendalikan kelebihan air permukaan sedemikian rupa sehingga air limpasan dapat mengalir secara terkendali dan selanjutnya dialirkan ke sungai. Kawasan Villa Mangsit merupakan daerah perbukitan yang curam dengan limpasan permukaan yang tinggi sehingga rawan menyebabkan banjir. Salah satu cara untuk menanggulangi permasalahan banjir tersebut adalah dengan membangun saluran drainase yang memadai dan sesuai dengan standar perencanaan. Perencanaan ini menggunakan data curah hujan maksimum harian tahunan selama 20 tahun yaitu dari tahun 1997 sampai tahun 2016. Data yang ada sudah melalui tahap uji konsistensi dengan metode Rescaled Adjusted Partial Sums (RAPS) dan dinyatakan konsisten. Proses perencanaan menggunakan persamaan – persamaan umum untuk perencanaan saluran drainase yang meliputi rumus mononobe, rumus manning, dan rumus- rumus lainnya. Sedangkan perhitungan Rencana Anggaran Biaya menggunakan Standar Satuan Harga terbaru 2018. Untuk rencana saluran drainase di Kawasan Villa Mangsit menggunakan beton U ditch dengan dimensi 50 x 50, 60 x 60, dan 120 x 120. Sedangkan rencana gorong-gorong menggunakan box culvert dengan dimensi 60 x 60, 80 x 80 dan 100x100. Kondisi topografi yang curam mengharuskan adanya perlakuan khusus dan penggunaan bangunan tambahan pada perencanaan saluran di kawasan ini. Bangunan terjun tegak, terjun miring dan peredam energi adalah alternatif yang di pilih sebagai bangunan penunjang untuk mengurangi kecepatan yang terlalu tinggi pada saluran dalam proses perencanaan dimensi saluran. Rencana Anggaran Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan saluran ini sebesar Rp. 4.063.454.555,03.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Saluran , Drainase, Villa.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:18
Last Modified: 12 Mar 2019 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item