ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI MESIN PENGERING JAGUNG TIPE VERTIKAL KONTINYU (CONTINUOUS DRYER) DENGAN ALIRAN PANAS BERLAWANAN

TAUFIK, BANGKIT ZULKURNIAWAN (2014) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI MESIN PENGERING JAGUNG TIPE VERTIKAL KONTINYU (CONTINUOUS DRYER) DENGAN ALIRAN PANAS BERLAWANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi BANGKIT Z.T (C1J010035).docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari dari penelitian kali ini ialah untuk menganalisis alat pengering biji jagung continuous dryer tipe vertikal secara teknis dan menganalisis kelayakan dari alat tersebut dari segi ekonomisnya. Analisis teknis antara lain dengan menentukan laju pengeringan, kadar air akhir bahan, kapasitas pengeringan dan menentukan efisiensi pengeringannya. Sedangkan untuk menganalisis alat dari segi ekonominya dengan menentukan break even point (BEP) dan B/C ratio. Alat pengering Continuous dryer merupakan alat pengering yang bekerja dengan sistem kontinyu dimana pada alat ini udara panas yang dihasilkan berasal dari tungku yang berada dibawah ruang pengering akan merambat ke atas sehingga akan terjadi pertemuan antara produk dengan udara panas yang dialirkan, sedangkan untuk penurunan kadar air tertinggi terjadi pada suhu 60°C dalam waktu satu jam. Dari analisis ekonominya alat pengering jagung continuous dryer tipe vertikal mengalami titik impas pada jam 239,03/tahun dengan volume produksi 1195,15 kg/tahun selain itu berdasarkan perhitungan B/C Ratio diperoleh nilai 0,8 dalam menganalisis kelayakan finansial alat sehingga usaha belum layak dilakukan dikarenakan alat masih dalam skala lab sehingga perlu dilakukan scale up pada alat dengan meningkatkan kapasitas pada alat pengering kemudian Pada Alat continuous dryer diperoleh nilai efisiensi pengeringan pada suhu 40°C, 50°C, dan 60°C adalah 35,94%, 30,21%, dan 20,07%. Dengan konsumsi bahan bakar 2,1 liter/jam, 3,026 liter/jam, dan 4,8 liter/jam. Kemudian adapun kapasitas pengeringan dari alat pengering jagung tipe vertikal kontinyu adalah 5 kg/Kata Kunci : analisis teknis dan ekonomi mesin pengering continuous dryer.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis teknis dan ekonomi mesin pengering continuous dryer.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:23
Last Modified: 13 Mar 2019 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item View Item