PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLETTE SENTENCE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN 1 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ARDINATHA, I MADE KUSUMA (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLETTE SENTENCE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN 1 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Keterampilan Menulis Deskripsi siswa kelas II A SDN 1 Cakranegara belum memenuhi standar yang diharapkan. Kondisi ini dapat dilihat dari sebagian besar siswa belum memenuhi KKM pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra khususnya pada aspek menulis yaitu 75. Permasalahan diatas disebabkan oleh proses pembelajaran guru menggunakan metode yang membosankan dan monoton metode yang dilakukan juga kurang bervariasi sehingga mengakibatkan pembelajaran Bahasa dan Sastra aktifitas siswa menjadi pasif dan kurang aktif. Untuk mengatasi hal ini Peneliti upaya melakukan perbaikan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe complette sentence. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe complette sentence pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra kelas II A SDN 1 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 44 orang. Pengumpulan data diperoleh dengan lembar observasi guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I, dan siklus II diperoleh hasil belajar siswa berturut-turut dengan nilai rata-rata adalah 72,01, dan 78,94 dengan presentase ketuntasan klasikal 75,60%, dan 88,09%, Sedangkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa yang dicapai pada siklus I, dan siklus II berturut-turut adalah 13,00 dan 17,33 yang memiliki kategori cukup aktif, dan aktif. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe complette sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra kelas II A SDN 1 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan menulis deskripsi, Metode pembelajaran kooperatif Tipe Complette Sentence.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 05 Feb 2018 06:27
Last Modified: 05 Feb 2018 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item View Item