KAJIAN YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN (NASABAH) PEGADAIAN DALAM MENGGUNAKAN JASA TITIPAN DAN JASA TAKSIRAN BARANG (STUDI DI PEGADAIAN MATARAM)

HARYANTO, HARYANTO (2010) KAJIAN YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN (NASABAH) PEGADAIAN DALAM MENGGUNAKAN JASA TITIPAN DAN JASA TAKSIRAN BARANG (STUDI DI PEGADAIAN MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kepentingan masyarakat didalam melakukan kegiatan ekonomi khususnya dibidang jasa titipan dan jasa taksiran barang yang dilakukan pihak pegadaian dimana masyarakat membutuhkan kepastian hukum dan perlindungan hukum didalam menggunakan jasa tersebut.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi konsumen (nasabah) pegadaian dalam menggunakan jasa titipan barang; dan (2) untuk mengetahui permasalahan apa saja yang timbul dalam perjanjian jasa titipan dan jasa taksir serta bagaimana pemecahannya. Penelitian ini dilakukan di cabang perum pegadaian mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif dan pendekatan sosiologis sedangkan pengumpulan data dengan data kepustakaan dan data lapangan dimana untuk mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen (nasabah) pegadaian dalam menggunakan jasa titipan barang, menyangkut bagaimana prosedur dalam jasa titipan, jasa taksir dan permasalahan-permasalahan apa saja yang kemudian timbul serta bagaimana penyelesaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) adanya keterlibatan pemerintah dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen yang telah diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen; (2) Dalam Jasa Titipan pada Perum Pegadaian alat bukti merupakan bukti penting; (3) Pada perum pegadaian jasa titipan dan jasa taksir, pemungutan biaya dapat dilakukan secara terpisah karna kedua jasa tersebut dapat berdiri sendiri; (4) Barang-barang yang dititipkan pada perum pegadaian harus diambil sendiri oleh pemilik (yang menitipkan) bila tidak maka harus dengan surat kuasa; (5) Bahwa barang-barang yang dititipkan oleh nasabah pada pihak pegadaian menjadi tanggung jawab perum pegadaian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penelitian,Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:45
Last Modified: 14 Mar 2019 08:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12755

Actions (login required)

View Item View Item