PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE PADA ANAK KELOMPOK A DI TK NEGERI SIGERONGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FEBRIANTI, ANIS (2019) PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE PADA ANAK KELOMPOK A DI TK NEGERI SIGERONGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di TK Negeri Sigerongan terkait dengan perkembangan motorik halus anak yang masih belum berkembang optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Meronce pada Anak Kelompok A di TK Negeri Sigerongan Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun tujujau dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan meronce untuk meningkatakan motorik halus anak Kelompok A di TK Negeri Sigerongan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengengembangan dengan 3 tahap pengembangan, yang masing-masing pengembangan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun pada kelompok A yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode obsevasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pengembnagan I diperoleh hasil rata-rata 59,25%, sedangkan pada tahap pengembangan II mulai mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata peningkatan perkembangan motorik halus anak mencapai 73,37% berkembang cukup baik dan pada tahap pengembangan III nilai rata-rata peningkatan perkembangan motorik halus anak meningkat mencapai 85,87% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan motorik halus melalui kegiatan meronce pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Sigerongan. Kegiatan meronce dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok A di TK Negeri Sigerongan tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motorik Halus, Meronce
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:45
Last Modified: 14 Mar 2019 08:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item View Item