KAJIAN YURIDIS TENTANG PELAKSANAAN PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM UANG DENGAN JAMINAN FIDUSIA ANTARA PERUM PEGADAIAN DENGAN NASABAH (STUDI DI PERUM PEGADAIAN CABANG SUMBAWA BARAT)

RAHMAD, DEDY (2010) KAJIAN YURIDIS TENTANG PELAKSANAAN PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM UANG DENGAN JAMINAN FIDUSIA ANTARA PERUM PEGADAIAN DENGAN NASABAH (STUDI DI PERUM PEGADAIAN CABANG SUMBAWA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Sampul (Akhir).rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

Prosedur Pelaksanaan Perjanjian Pinjam Meminjam Uang Dengan Jaminan Fidusia Pada Perum Pegadaian Cabang Sumbawa Barat yaitu Calon nasabah dapat melakukan permohonan dengan datang secara langsung ke Perum Pegadaian Cabang Sumbawa Barat dengan mengajukan permohonan pinjaman secara tertulis dengan mengisi formulisr yang telah disediakan. Analis pegadaian menganalisa apakah calon nasabah (debitur) tersebut masuk dalam kriteria yang dapat diberikan pinjaman yang sesuai dengan asas 5 C yaitu : character (watak), capacity (kemampuan), capital (modal), collateral (jaminan), dan condition of economi (kondisi ekonomi). Bila masuk dalam kriteria, maka analis pegadaian melakukan survey tentang kelayakan calon nasabah ke lokasi usaha/ rumah calon nasabah. Analis melakukan analisa pinjaman dan menentukan jumlah pinjaman yang dapat dikucurkan. Nasabah melengkapi persyaratan administrasi anatara lain. Pegadaian menerbitkan surat perjanjian pinjam meminjam ke notaris untuk pembuatan akta jaminan fidusia nasabah (debitur) dan pegadaian (kreditur) menandatangani perjanjian pinjam meminjam tersebut dan akta notaris. Pendaftaran ke kanwil Depkumham untuk penerbitan sertifikat jaminan fidusia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ProsedurPinjam Meminjam Uang
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:43
Last Modified: 14 Mar 2019 08:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item