PERBANDINGAN POTENSI EKSTRAK ETANOLIK DAN MINYAK ATSIRI DAUN SIRIH MERAH (Piper crocatum Ruiz dan Pav.) SEBAGAI ANTIBAKTERI PADA Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli

UTAMIMI, INTAN (2019) PERBANDINGAN POTENSI EKSTRAK ETANOLIK DAN MINYAK ATSIRI DAUN SIRIH MERAH (Piper crocatum Ruiz dan Pav.) SEBAGAI ANTIBAKTERI PADA Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH LAPORAN AKHIR PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan antibiotik yang tidak tepat serta pemakaian yang tidak rasional menyebabkan terjadinya resistensi antibiotik. Pencarian obat baru termasuk dari tanaman terus dilakukan, tanaman yang berpotensi sebagai antibakteri adalah daun sirih merah (Piper crocatum Ruiz dan Pav.). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan dari ekstrak etanolik dan minyak atsiri daun sirih merah sebagai antibakteri pada Staphylococcus aureus resisten ampisilin dan Escherichia coli resisten siprofloksasin. Uji aktivitas antibakteri menggunakan metode sumuran, kontrol positif sefotaksim dan kontrol negatif DMSO 5%. Kandungan senyawa ekstrak etanolik dan minyak atsiri dianalisis menggunakan instrument Gas Chromatography-Mass Spectrometry (GC-MS). Hasil penelitian diketahui bahwa minyak atsiri memiliki aktivitas antibakteri lebih besar dibandingkan ekstrak etanolik terhadap bakteri Staphylococcus aureus resisten ampisilin pada konsentrasi 2 ml/3 ml, 1,5 ml/2,5 ml, 1 ml/2 ml, 0,5 ml/1,5 ml dengan zona hambat berturut-turut sebesar 17,67 mm, 17,25 mm, 16,72 mm dan 16,17 mm. Namun, pada kedua sampel tidak memiliki aktifitas antibakteri pada bakteri Escherichia coli resisten siprofloksasin. Analisis GC-MS pada ekstrak etanolik menunjukkan 5 senyawa terdeteksi dengan senyawa utama asam linoleat (55,10%), asam stearat (20,44%) dan asam palmitat (18,91%). Minyak atsiri menunjukkan 20 senyawa terdeteksi dengan senyawa utama linalool (30,93%) dan 4-terpineol (19,53%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sirih merah, minyak atsiri, aktivitas antibakteri.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:42
Last Modified: 14 Mar 2019 08:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12775

Actions (login required)

View Item View Item