PENGARUH PENDEKATAN BERPIKIR KAUSALITIK BER- SCAFFOLDING TIPE 2b BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA di MAN 2 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FAJRI, AKAD (2019) PENGARUH PENDEKATAN BERPIKIR KAUSALITIK BER- SCAFFOLDING TIPE 2b BERBANTUAN LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA di MAN 2 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendekatan berpikir kausalitik ber- scaffolding tipe 2b berbantuan LKS terhadap kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika siswa di MAN 2 Praya tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 24 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah LKS dan alat tes KPM berbentuk essay sebanyak 4 soal telah diuji validitas dan reliabilitas soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest untuk kelas eksperimen sebesar 59,55 dan kelas kontrol sebesar 50,83. Uji prasyarat menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut terdistribusi normal dan homogen. Data posttest dianalisis dengan menggunakan uji-t polled varian dan diperoleh ������� sebesar 2,33 sedangkan ��� � 2,02 dengan dk sebesar 43 dan taraf signifikan 5 %, karena ������� lebih besar ��� � maka � ditolak dan �� diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan berpikir kausalitik scaffolding tipe 2b berbantuan LKS berpengaruh terhadap KPM fisika siswa di MAN 2 Praya tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan berpikir kausalitik, scaffolding tipe 2b, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:42
Last Modified: 14 Mar 2019 08:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

View Item View Item