Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Media Puzzle terhadap Prestasi Belajar pada Materi Pokok Struktur Atom Siswa Kelas XI IPA Semester 1 MAN 1 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012”.

Ihromi, M. Isa (2010) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Media Puzzle terhadap Prestasi Belajar pada Materi Pokok Struktur Atom Siswa Kelas XI IPA Semester 1 MAN 1 Praya Tahun Pelajaran 2011/2012”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fiks.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
abstrak.doc
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB I-VI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle dengan media puzzle terhadap prestasi belajar kimia materi pokok struktur atom pada siswa kelas XI IPA MAN 1 Praya . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak dua kelas yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh, yakni XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa penggunaan model pembelajaran learning cycle dengan media puzzle, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data berupa prestasi belajar siswa diambil melalui tes. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi sebesar 95, nilai terendah sebesar 30 dan nilai rata-rata 64,30 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55,81%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi sebesar 80, nilai terendah 30, nilai rata-rata 56,55 dan ketuntasan klasikal sebesar 23,81%. Secara statistik uji-t diperoleh thitung (2,52) lebih besar daripada ttabel (2,00) pada taraf signifikan 5% sehingga Ha pada penelitian ini diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran learning cycle dengan media puzzle terhadap prestasi belajar pada materi pokok struktur atom siswa kelas XI IPA MAN 1 Praya semester 1 tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Learning Cycle, Puzzle, Prestasi Belajar, Struktur Atom.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:41
Last Modified: 14 Mar 2019 08:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12796

Actions (login required)

View Item View Item