PERLINDUNGAN ANAK AKIBAT PERCERAIAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM, UNDANG-UNDANG PERKAWINAN DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK

ZULHIJJAH, BAIQ. (2010) PERLINDUNGAN ANAK AKIBAT PERCERAIAN DITINJAU DARI HUKUM ISLAM, UNDANG-UNDANG PERKAWINAN DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Judul.docx
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
Ringkasan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Pengaturan perlindungan Hak-Hak Anak menurut Hukum Islam,berkewajiban untuk mendidik anak-anaknya karena harta dan anak-anak adalah merupakan perhiasan kehidupan dunia yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya, serta orang tua berkewajiban memberikan pendidikan yang layak bagi anaknya agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini tertuang di dalam QS. Al-Luqman ayat 13-14. Kemudian ayat tersebut diperkuat dengan Ibnu Abbas yang menyatakan bahwa hak seorang ibu lebih besar dari pada hak seorang bapak, karena ibu yang mengandung anaknya tersebut. Adapun menurut Kompilasi Hukum Islam yang diterangkan di dalam Pasal 106 yang menjelaskan tentang kewajiban orang tua dalam menjaga harta anaknya dan tidak boleh memindahkan harta anaknya itu kecuali ada kebutuhan anaknya yang mendesak, dan apabila orang tuanya menimbulkan kerugian maka orang tuanya bertanggung jawab untuk menggganti kerugian tersebut. Dari Pasal ini jika ditelaah lebih dalam, terdapat makna bahwa berarti anak memiliki hak-hak yang terdapat di dalamnya, karena di Pasal tersebut orang tua harus menjaga diri serta harta anak. Yaitu memberikan pendidikan serta memberikan penghidupan yang layak, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hak-Hak Anak, Undang-Undang No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:03
Last Modified: 15 Mar 2019 03:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12841

Actions (login required)

View Item View Item