MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE BRAINSTROMING SISWA KELAS V SDN 2 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PRAMANA, I MADE PANDE DWI (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE BRAINSTROMING SISWA KELAS V SDN 2 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI END.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kekurangan-kekurangan atau masalah terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas V SDN 2 Sandik. Akibatnya, aktivitas siswa dalam pembelajaran rendah dan hasil belajar siswa secara klasikal pun rendah, yakni hanya mencapai 45%. Berdasarkan masalah tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah bagaimana penerapan metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Sandik dalam pembelajaran IPA Tahun 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode Brainstorming dengan subyek penelitian, adalah semua siswa kelas V SDN 2 Sandik yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Peneltian yang digunakan dalam hal ini, yakni berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus dengan alur penyusunan, yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan, adalah lembar evaluasi (soal-soal) dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada siklus I, rata-rata skor aktivitas belajar siswa 39 dengan kategori kurang aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 56,5 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal, yakni 66,50% menjadi 87,50%. Hal ini menunjukan telah tercapai prosentase ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan, yaitu 85%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahawa aktivitas dan hasil pembelajaran IPA dengan menerapkan metode Brainstorming pada siswa kelas V SDN 2 Sandik Tahun 2017/2018 meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Brainstorming, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:00
Last Modified: 19 Mar 2019 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12887

Actions (login required)

View Item View Item