TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN FOTOGRAFER DENGAN KLIEN DALAM FOTOGRAFI PERNIKAHAN (WEDDING PHOTOGRAPHY) (Studi Di Kota Mataram)

HIDAYATULLAH, M. IMAM (2010) TINJAUAN YURIDIS PERJANJIAN FOTOGRAFER DENGAN KLIEN DALAM FOTOGRAFI PERNIKAHAN (WEDDING PHOTOGRAPHY) (Studi Di Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PEMBUKAAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
RINGKASAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menciptakan suatu paradigma baru dalam konsepsi ekonomi dalam tatanan perekonomian Indonesia yang melindungi setiap hak individu dalam melakukan suatu usaha. Dari jenis-jenis usaha yang ada, penyusun sangat tertarik mengangkat judul yang menyinggung bidang usaha pelayanan jasa khususnya pelayanan jasa fotografi mengingat efektifitas hukum di Indonesia yang memberi perlindungan maupun sanksi tegas terhadap karya fotografi dirasakan belum terealisasi dengan baik dan selain itu penyusun juga terjun langsung di bidang fotografi yang dalam hal ini penyusun menitik beratkan kepada fotografi pernikahan dari berbagai bidang fotografi yang ada. Untuk dapat memperoleh bahan maupun data lapangan, penyusun melakukan penelitian di tiga tempat penyedia Jasa Fotografi yang tersebar di Kota Mataram mengingat penggunaan jasa fotografi pernikahan saat ini sangat digemari dan dibutuhkan oleh pasangan yang hendak menikah dimana obyek fotografi pernikahan tentunya diprioritaskan dalam momentum rangkaian acara pernikahan yang melibatkan kedua mempelai, keluarga, dan para kerabat. Dengan berkembangnya tren foto pernikahan di Kota Mataram, penyusun mencoba mengkaji permasalahan yang kerap terjadi dari hasil penelitian yang dilakuakan penyusun dengan melihat dari aspek Hukum Perjanjiannya. Dalam pelaksanaan dunia usaha ini, setiap manusia maupun badan hukum sebagai subyek hukum akan selalu membuat, mengadakan, maupun melaksanakan perjanjian. Walau demikian, ternyata tidak semua orang mengerti makna dan pengaruh dari dibuatnya suatu perjanjian. Maka, untuk mencegah timbulnya kerugian atau hal yang tidak diinginkan antara pihak fotografer dengan klien yang akan melaksanakan pernikahan maka hendaknya harus diadakan suatu perjanjian terlebih dahulu. Dalam penelitian ini, penyusun menemukan permasalahan umum dari esensi perjanjian fotografer dengan klien yakni mengenai bentuk perjanjian, tanggung jawab para pihak terkait dengan pihak ke tiga dan tanggung jawab para pihak apabila terjadi wanprestasi yang sampai saat ini belum cukup diperhatikan dalam praktek perjanjian fotografi pernikahan. Nantinya diharapkan dari permasalahan tersebut dapat memberi pandangan positif dalam melaksanakan praktek-praktek perjanjian khusunya perjanjian dalam fotografi pernikahan yang tentunya berpedoman pada dasar-dasar Hukum Perjanjian yang tercantum dalam Buku III KUH Perdata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): undang-undang. KUH Perdata.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 19 Mar 2019 04:01
Last Modified: 19 Mar 2019 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12898

Actions (login required)

View Item View Item