STUDI KECUKUPAN NUTRISI PAKAN YANG DIBERIKAN PADA SAPI BALI DI KELOMPOK TANI TERNAK SINAR TERANG DESA BAGIK POLAK KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

RAMADHAN, PUTRA (2019) STUDI KECUKUPAN NUTRISI PAKAN YANG DIBERIKAN PADA SAPI BALI DI KELOMPOK TANI TERNAK SINAR TERANG DESA BAGIK POLAK KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengkaji kecukupan nutrisi sapi Bali telah dilaksanakan pada bulan Nopember 2018 di Kelompok Tani Ternak Sinar Terang Desa Bagik Polak Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 ekor sapi Bali jantan dengan rata-rata bobot badan 112 kg. Hijauan yang diberikan berupa rumput lapangan, rumput gajah dan jerami padi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan pengamatan langsung dengan mengikuti seluruh kegiatan selama berada di kandang dan melakukan wawancara dengan kepala dan pekerja kandang. Variabel yang diamati adalah konsumsi pakan dan konsumsi nutrisi pakan. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitas dan kualitas pakan yang diberikan belum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sapi Bali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pakan, Konsumsi, Nutrisi, Kecukupan nutrisi, Sapi Bali
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Mar 2019 04:01
Last Modified: 19 Mar 2019 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12903

Actions (login required)

View Item View Item