TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR (Studi Di Perusahaan Pembiayaan Astra FIF Kota Mataram)

Montana, Teguh Setyawan (2010) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN KREDIT KENDARAAN BERMOTOR (Studi Di Perusahaan Pembiayaan Astra FIF Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Cover Depan Skripsi Teguh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
skripsi konsultasi P. 1.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)

Abstract

Bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dalam perjanjian kredit di Perusahaan Pembiayaan Astra FIF adalah berbentuk asuransi kendaraan bermotor, dimana penggantian klaim berupa uang (buka kendaraan). Nilai penggantian digunakan untuk menutup hutang pembiayaan konsumen di Perusahaan Pembiayaan Astra FIF Kota Mataram. Selama konsumen masih menjadi pihak kredit di Perusahaan Pembiayaan Astra FIF. 2. Bentuk tanggung jawab pelaku usaha terhadapa konsumen di Perusahaan Pembiayaan Astra FIF adalah apabila terjadi kehilangan kendaraan bermotor, maka Perusahaan Pembiayaan Astra FIF melakukan kroscek atau turun ke lokasi untuk menggetahui apakah unsur-unsur kesengajaan dalam hilangnya kendaraan bermotor yang dilaporkan atau murni kealpaan maupun kelalaian dari kosumen, apabila ada unsur kesengajaan Perusahan Pembiayaan Astra FIF tidak bertanggung jawab dan pembayaraan angsuran oleh konsumen atas kendaraan tersebut tetap wajib dibayar sesuai waktu yang ditentukan, namun apabila kehilangan karena kehilafan dan kealpaan, maka Perusahaan Pembiayaan Astra FIF sudah mengasuransikan sebesar 75% (dari harga kendaraan) terhadap kendaraan bermotor tersebut sebelum lunas kredit dan konsumen tidak terbebani lagi membayar angsuran atau cicilan kreditnya karena mendapat penggantian dari pihak asuransi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perusahaan Pembiayaan Astra FIF, hukum
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 19 Mar 2019 03:50
Last Modified: 19 Mar 2019 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12912

Actions (login required)

View Item View Item