Tinjauan Yuridis Tentang Penempatan Kerja Antara TKI Dengan PPTKIS Dalam Pembiayaan Keberangkatan ( Studi : di PT. Ekoristi Berkarya Cabang Mataram )

Supriani, Harni (2010) Tinjauan Yuridis Tentang Penempatan Kerja Antara TKI Dengan PPTKIS Dalam Pembiayaan Keberangkatan ( Studi : di PT. Ekoristi Berkarya Cabang Mataram ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Cover Revisi Seminar.doc
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
Revisi Seminar.doc
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
RINGKASAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)

Abstract

Pemerintah dan masyarakat Indonesia terpaksa harus sering menelan pil pahit akibat kebijakan penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri. Berbagai peristiwa mengerikan yang menimpa TKI di luar negeri memaksa pemerintah berpikir keras untuk mencari solusi. Kendati sebelumnya, pemerintah nyaris menyimpulkan bahwa penempatan TKI di luar negeri merupakan salah satu solusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun, berbagai realitas positif kebijakan penempatan TKI di luar negeri tersebut tidak berarti harus menutup mata pemerintah. Berbagai problem TKI di luar negeri yang kerap terjadi dan menempatkan TKI sebagai objek penderita, harus juga mendapat penyikapan yang serius. Permasalahan tersebut makin pelik dengan keterlibatan majikan yang nakal, pekerja yang ceroboh, dan perusahaan tenaga kerja yang hanya ingin mengeruk keuntungan. Mereka telah mendorong lahirnya kesengsaraan bagi beberapa TKI dalam bentuk penyiksaan, pelecehan seksual, gaji tidak dibayar, pekerjaan terlalu berat, pekerjaan tidak sesuai dengan perjanjian, PHK sebelum masa kontrak, dan kasus mengerikan lainnya. Namun, di antara hiruk pikuk berbagai kesulitan ekonomi yang masih mendera Indonesia saat ini, tampaknya sangat tidak mungkin hal tersebut dapat direalisasikan. Akan tetapi, tidak salah juga jika kita bermimpi hal itu menjadi kenyataan. Saat ini, kita memang hanya punya mimpi dan insya Allah mimpi ini akan menjelma jika seluruh elemen bangsa Indonesia terus berusaha dan berdoa. Tidak ada yang sulit bagi Allah SWT untuk mengabulkan doa umat-Nya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tenaga kerja Indonesia (TKI)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 19 Mar 2019 03:50
Last Modified: 19 Mar 2019 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12913

Actions (login required)

View Item View Item