MARLINA, NIA (2017) PENERAPAN METODE PROBING-PROMPTING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 35 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi disekolah dalam proses pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang aktif dan kurang diikut sertakan dalam proses pembelajaran, Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN 35 Ampenan dengan menerapkan metode probing-prompting learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari ketuntasan klasikal mencapai 85%. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 64,23 dan siklus II adalah 83,46. Hasil tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II adalah 19,23. Sedangkan skor ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 42,30% dan siklus II adalah 88,46%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal ini telah mengalami peningkatan sebesar 46,16%. Penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tuntas karena telah tercapainya seluruh indikator pembelajaran dan telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peningkatan pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Probing-Prompting Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN 35 Ampenan tahun pelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode Probing –Prompting Learning, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 03:21 |
Last Modified: | 05 Feb 2018 03:21 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1294 |
Actions (login required)
View Item |