KAJIAN YURIDIS TANGGUNGJAWAB PT. ASKES (PERSERO) TERHADAP PESERTA ASKES PENSIUNAN PNS BESERTA KELUARGANYA (Studi di PT. Askes (Persero) Cabang Mataram)

MEGAWATI, FENI SUANTRI (2011) KAJIAN YURIDIS TANGGUNGJAWAB PT. ASKES (PERSERO) TERHADAP PESERTA ASKES PENSIUNAN PNS BESERTA KELUARGANYA (Studi di PT. Askes (Persero) Cabang Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JUDUL & KELENGKAPAN AWAL.doc
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)

Abstract

Pemerintah Indonesia dalam rangka memajukan kesehatan masyarakat terutama kesejahteraan dibidang kesehatan mempunyai suatu program yang disebut Asuransi Kesehatan (ASKES) yaitu program pemerintah dalam memelihara kesehatan yang ditujukan kepada suatu kelompok tertentu yaitu Golongan Pegawai Negeri Sipil, Pensiunan Pegawai Negri Sipil, beserta keluarganya. PT. Askes (Persero) sebagai perusahaan asuransi kesehatan terbesar di Indonesia sejak tahun 1968 memberikan pelayanan kesehatan pesertanya juga memberikan kualitas, mutu pelayanan serta pengendalian biaya yang tepat dan efisien. Namun pada prakteknya masih terdapat permasalahan yang dialami PNS khsusunya pensiunan PNS sebagai peserta askes. Penanggung atau badan asuransi kelembagaan kesehatan (health insurance institutional) adalah yang bertanggungjawab mengumpulkan dan mengelola iuran serta membayar biaya kesehatan yang dibutuhkan peserta.“Penanggung menurut hukum asuransi adalah mereka yang dengan mendapat premi, berjanjian akan mengganti kerugian atau membayar sejumlah uang yang telah disetujui, jika terjadi peristiwa yang tidak dapat diduga sebelumnya, juga mengakibatkan kerugian bagi tertanggung” Peserta dan badan asuransi terjalin suatu ikatan perjanjian di mana peserta diwajibkan membayar sejumlah dana kepada badan asuransi yang disebut premi. Besarnya premi yang harus dibayar peserta kepada PT. Askes (Persero) adalah sebesar 2% gaji pokok. Jenis penelitian adalah Penelitian normative-empiris. Penelitian normative dengan cara mengkaji bahan pustaka, dengan menggunakan peraturan perundang-undangan, teori hukum dan pendapat para ahli. serta menggunakan penelitian empiris dengan cara mengumpulkan data-data dari hasil penelitian di lapangan (data primer) serta hasil wawancara dengan responden. Data tersebut dianalisis dan dirangkum menjadi kalimat yang sempurna sehingga menjadi tulisan hukum Bentuk tanggungjawab PT. askes (Persero) yang mendasar dalam pelayanan kesehatan adalah, tanggungjawab dalam pelayanan obat, di mana obat merupakan bagian terpenting dari rantai kesehatan. Dalam mendapatkan haknya sebagai peserta askes sosial, pihak PT. Askes (Persero), memotong gaji peserta perbulannya atau secara continu sebesar 2% dari gaji pokok sebagai premi, pemotongan gaji tersebut dilakukan oleh PT. Peserta juga berhak memperoleh perlindungan hukum yaitu dapat menuntut apabila hak yang seharusnya didapatkan ternyata diabaikan. Peserta askes dapat menuntut rumah sakit sebagai Pemberi Pelayanan Kesehatan berdasar Pasal 1365 KUH Perdata, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pelayanan Kesehatan, Bentuk Tanggungjawab, Perlindungan Hukum.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 20 Mar 2019 01:14
Last Modified: 20 Mar 2019 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12944

Actions (login required)

View Item View Item