PENGARUH KOMPOSISI SERABUT TEMBAGA TERHADAP NILAI KEAUSAN PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DARI KOMPOSIT HYBRID SERABUT TEMBAGA GLASSWOOL ABU SEKAM PADI DENGAN MATRIK PHENOL

Manditha, Muhammad Qodrihan (2019) PENGARUH KOMPOSISI SERABUT TEMBAGA TERHADAP NILAI KEAUSAN PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DARI KOMPOSIT HYBRID SERABUT TEMBAGA GLASSWOOL ABU SEKAM PADI DENGAN MATRIK PHENOL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kampas rem adalah produk pendukung kendaraan bermotor yang sangat penting untuk mengurangi laju kendaraan dan memberikan keselamatan bagi pengguna jalan. Penggunaan bahan gesek asbes memiliki kelemahan yaitu dapat menyebabkan resiko penyakit kanker bagi para pekerja dan pemakai. Oleh karena itu, penggunaan limbah serabut tembaga, glasswool, abu sekam padi dapat dijadikan bahan alternative pengganti kampas rem yang berbahan dasar asbes. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui variasi komposisi terbaik dari variasi komposissi bahan komposit serabut tembaga, glasswool, abu sekam padi dan resin sebagai bahan alternatif pengganti material gesek kampas rem, terhadap uji keausan, membandingkannya dengan standar keamanan dari kampas rem komposit SAEJ 661. Pembuatan dilakukan dengan proses kompaksi, dengan gaya sebesar 5 ton dan ditahan mencapai holding time yang diinginkan, dies (cetakan) dimasukkan kedalam oven dan dilakukan proses sintering dengan suhu 3000 C selama 90 menit dan spesimen dikeluarkan dari cetakan. Setelah didapat spesimen dari masing-masing variasi kampas rem lalu dilakukan proses pengujian keausan dengan standar ASTM D-638. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa komposisi bahan terbaik yaitu dengan variasi serabut tembaga 20%, glasswool 10%, abu sekam padi 30% dan resin phenolic 40% didapat harga keausan sebesar 3,08x10-5 gr/mm2 .detik, dengan SAEJ 661 untuk keausan sebesar 5x - 5x .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kampas rem, Tembaga, Glasswool Keausan, Pengamatan foto mikro.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:00
Last Modified: 20 Mar 2019 09:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item