UTARY, BAIQ. ISHARIATY WIKA (2011) PENERAPAN PASAL 107 UU NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
USULAN PENELITIAN.docx Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
daftar isi.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
SKRIPSIIIII.docx Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan tekhnologi dibidang transportasi yang menambah jumlah kendaraan bermotor yang berpengaruh terhadap mobilitas masyarakat dalam berlalu lintas, sehingga mengakibatkan permasalahan kesemrawutan dalam berlalu lintas yang mengakibatkan tingginya angka kecelakaan. Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Undang-undang ini penerapannya belum terlalu efektif di Kota Mataram, sehingga pengaruhnya terhadap ketertiban, keamanan, dan kenyamanan berlalu lintas belum dirasakan oleh masyarakat.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dasar hukum light on; (2) untuk mengetahui penerapan light on di Kota Mataram; dan (3) untuk mengetahui pengaruh light on dengan kecelakaan lalu lintas di Kota Mataram. Penelitian ini dilakukan di POLRES Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis sedangkan pengumpulan data dengan data kepustakaan dan data lapangan dimana untuk mengetahui dasar hukum light on, penerapan light on dan pengaruhnya terhadap kecelakaan lalu lintas di Kota Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) light on atau menyalakan lampu di siang hari diatur dalam Pasal 107 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan; (2) polisi lalu lintas Kota Mataram telah melakukan berbagai upaya untuk memperkenalkan Undang-undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan khususnya dalam penerapan light on; (3) sampai saat ini peraturan light on dilaksanakan oleh pengendara kendaraan bermotor hanya apabila melewati KTL (kawasan tertib lalu lintas); (4) kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas merupakan kendala utama dalam penerapan light on di Kota Mataram; (5) light on tidak berpenguh terhadap penurunan angka kecelakaan di Kota Mataram karena light on belum berjalan efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Penelitian, perkembangan tekhnologi dibidang transportasi |
Subjects: | K Law > KZ Law of Nations |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | Imran SE |
Date Deposited: | 20 Mar 2019 08:58 |
Last Modified: | 20 Mar 2019 08:58 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12963 |
Actions (login required)
View Item |